Cegah Karat Knalpot Mobil dengan 4 Cara Ini, Yuk!

mobil Mitsubishi Indonesia

Bagi Anda pemilik mobil Mitsubishi Indonesia, Anda tentu sudah sadar bahwa penampilan kendaraan juga penting untuk Anda perhatikan, kan? Selain bodi, penampilan knalpot juga perlu Anda rawat dengan baik. Apalagi, posisi knalpot yang berada di kolong mobil membuatnya rentan berkarat dan sering terabaikan.

Salah satu langkah untuk menjaga penampilan knalpot adalah dengan mencegah karat pada komponen ini. Anda bisa lakukan 4 cara berikut ini agar knalpot mobil bebas karat. Apa saja, ya?

Hindari Banjir

Adanya genangan air di jalan saat hujan memang hal yang wajar. Tapi, lain cerita kalau genangan tersebut menjadi banjir. Kalau kondisi jalanan sudah banjir, sebaiknya Anda tidak nekat menerobos hujan.

Sebab, kalau sampai Anda menerjang banjir atau bahkan mobil sampai terendam dalam banjir, kotoran dan karat akan dengan mudah muncul pada knalpot maupun bagian mobil lainnya pada kolong. Apalagi jika air bekas banjir yang berlumpur pada knalpot tidak segera Anda bersihkan.

Bilas Mobil dan Knalpot Setelah Hujan

Tak hanya genangan air dan banjir saja, air hujan sendiri juga bisa menimbulkan karat pada bodi hingga knalpot mobil. Oleh karena itu, penting untuk membilas mobil sampai bersih setelah mobil kehujanan, dan lebih bagus lagi kalau mobil dicuci sekalian.

Saat Anda membilas mobil, jangan lupa untuk membilas bagian knalpot juga, ya! Bilas dengan air bersih dan segera keringkan dengan kain. Pastikan bahwa mesin mobil sudah lama mati sehingga knalpot juga sudah dingin ketika Anda mengelapnya.

 Oleskan Pelumas pada Knalpot

Proses karat atau oksidasi sendiri merupakan proses alami. Meski begitu, Anda bisa cegah efeknya pada bagian knalpot dengan menggunakan pelumas atau oli. Tenang saja, Anda tak perlu repot-repot cari oli khusus knalpot karena Anda bisa gunakan oli mesin, baik yang baru maupun bekas.

Pada saat mengaplikasikan pelumas pada knalpot, Anda bisa fokus pada bagian muffler tip dan lehernya. Selain itu, gunakan kuas saat mengoleskan oli. Anda bisa lakukan cara ini secara rutin setiap 2 minggu.

 Langsung Keringkan Mobil Setelah Dicuci

Apabila Anda mencuci mobil dengan cara yang keliru, hal ini rupanya bisa menimbulkan karat pada knalpot juga, lho! Agar knalpot tidak berkarat dan rusak karena kesalahan Anda sendiri, pastikan bahwa Anda selalu mengecek bagian knalpot setelah Anda cuci mobil. Dengan begitu, risiko karat karena adanya sisa air atau sabun yang tertinggal pada knalpot pun bisa dihindari.

Knalpot yang berkarat punya risiko lebih besar mengeropos. Jika diabaikan, knalpot pun tidak bisa berfungsi maksimal sehingga harus segera diganti dengan knalpot baru. Dan dengan 4 cara di atas, semoga Anda bisa jaga kondisi knalpot agar selalu bersih dan terawat, ya!