4 Manfaat Lobak yang Ternyata Sangat Baik Untuk Tubuh

manfaat lobak untuk kesehatan tubuh

Lobak putih (daikon) atau yang disebut lobak Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari negara Tiongkok. Lobak putih kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia khususnya di daerah pegunungan. Sayuran ini sekilas bentuknya hampir mirip wortel, tetapi hanya warnanya yang berbeda, yaitu putih.

Wortel bisa dikonsumsi langsung, disayur, atau dibuat jus. Namun untuk lobak putih, Anda tidak bisa meminumnya sebagai jus murni seperti wortel. Mengapa demikian?

Menurut laporan dari Plants Hospital, jus lobak perlu dicampur dengan buah atau sayuran lainnya untuk mengurangi rasanya yang pahit. Anda juga bisa mengolah lobak putih menjadi berbagai menu masakan.

Di beberapa negara bagian Asia Tenggara seperti Thailand, sayuran ini kerap digunakan sebagai campuran dalam masakan sop, semur hingga kari. Terlebih, lobak putih bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan dijual dengan harga yang relatif murah. Jika  rajin mengonsumsinya, sayur lobak bisa mengatasi masalah sinus, empedu, hingga hati.

Sayuran ini memiliki nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus. Lobak putih masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae yang masih satu keluarga dengan sayur kol atau kubis. Tak kalah dengan sayuran lainnya, lobak putih juga kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Lobak putih mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan dalam lobak putih itu tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini Kami rangkum beberapa manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber:

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan mencegahnya

Lobak putih masuk ke dalam keluarga sayuran cruciferous, yang diperaya bisa membantu mencegah serangan penyakit kanker. Ini karena sayuran dalam kelompok tersebut memiliki kandungan senyawa isothiocyanate yang tinggi.

Isothiocyanate yaitu jenis antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker, bahkan mencegah perkembangan tumor. Antioksidan merupakan senyawa pelindung tubuh dari serangan buruk radikal bebas.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kanker yaitu adanya radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi, sehingga sel kanker dapat muncul dan tumbuh.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Lobak mengandung mineral kalium yang berfungsi menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir di semua kasus, tekanan darah tinggi terjadi akibat kelebihan natrium pada tubuh. Sedangkan cara kerja kalium jelas bertolak belakang dengan natrium.

Itu sebabnya kalium dapat membantu meredam efek samping yang ditimbulkan natrium sekaligus mencegah naiknya tekanan darah. Organ ginjal berfungsi seimbangkan penyeimbang cairan dalam tubuh. Semakin tinggi cairan tubuh, semakin tinggi pula tekanan darah.

Memperbanyak makan makanan sumber kalium, salah satunya dari sayur lobak jepang, bisa membantu menyeimbangan cairan tubuh. Hal ini yang nantinya akan mengoptimalkan kerja ginjal sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong kecil, sehingga jenis sayuran ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Begini, semakin rendah nilai indeks glikemik, semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah.

Itulah mengapa aat penderita diabetes memakan lobak putih, maka sayuran ini akan ikut berperan dalam mengatur masuknya gula ke dalam darah. Jadi, para diabetesi tidak perlu khawatir dengan kenaikan gula darah yang mungkin terjadi secara tiba-tiba.

Pernyataan itu turut dibuktikan sebuah penelitian dari jurnal Nutrients yang menyebutkan bahwa makan lobak putih baik untuk orang dengan diabetes. Lobak jepang memiliki sifat antidiabetes yang mampu meningkatkan penyerapan gula darah.

Tidak hanya itu, lobak asal negeri tirai bambu ini juga membantu proses metabolisme energi, meningkatkan pertahanan antioksidan, dan mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

  1. Mencegah kerusakan organ hati

Sebuah penelitian dari Toxicological Research menemukan lobak putih mengandung enzim khusus yang punya aktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Sifat hepatoprotektif yang dimiliki oleh lobak ini dinilai mampu menangkal efek hepatotoksik pada tubuh.

Hepatotoksik yaitu sifat merusak organ hati yang dimiliki oleh agen toksik tertentu. Nah, dengan makan lobak putih diyakini mampu menangkal efek buruk dari agen penyebab kerusakan hati tersebut.

Beli Lobak Secara Online

Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli lobak yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan lobak serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!