mengupas buah apel

Buah Apel, Lebih Baik Dikupas atau Dimakan Langsung, Ya?

Buah apel – Ada pepatah yang mengatakan bahwa “An apple a day keeps the doctor away”. Hal ini memang benar adanya karena mengonsumsi apel secara rutin dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak masyarakat yang menyetok berbagai jenis apel di kulkas mereka untuk melengkapi nutrisi tubuh.

Bahkan tak sedikit juga yang dengan sengaja membeli varian apel yang banyak dijual di pusat oleh-oleh Malang seperti di toko Pia Mangkok, sebagai stok di rumah. Memang, rasa apel yang manis dan juga enak menjadikannya sebagai buah yang digemari oleh masyarakat.

Hanya saja, buah apel ini juga memiliki pro dan kontra tersendiri mengenai cara terbaik dalam mengonsumsinya. Ada yang bilang, apel lebih bergizi jika dimakan langsung bersama kulitnya, namun ada juga yang mengatakan lebih baik dikupas terlebih dahulu. Lantas, yang mana yang benar? Coba kita bahas satu persatu, ya.

Buah Apel dan Alasannya agar Dikupas sebelum Dikonsumsi

Tak sedikit yang mengatakan bahwa apel harus dikupas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Pendapat ini tentunya bukan tanpa alasan karena kulit apel berpotensi mengandung zat lilin dan juga pestisida. Meskipun sudah dicuci, zat-zat ini kerap masih menempel sehingga jika dikonsumsi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Atas alasan inilah, banyak yang kemudian lebih memilih mengupas kulit apel sehingga lilin dan pestisida tidak akan masuk ke dalam tubuh.

Di sisi lain, mengupas apel ditengarai dapat mengurangi kandungan nutrisi yang melekat pada kulit apel. Pasalnya, pada kulit apel terkandung vitamin C, potasium, vitamin A dan K, serta serat. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat utuh dari nutrisi ini, disarankan untuk tidak mengupasnya.

Sebetulnya, baik dikupas atau tidak, apel masih mengandung nutrisi yang tinggi. Hanya saja, ketika apel dikupas, maka pasokan nutrisinya berkurang, namun tetap masih ada yang tersisa. Oleh sebab itu, akan lebih baik lagi jika apel dimakan dengan kulitnya.

Cara Mencuci Apel yang Tepat

Untuk memastikan tidak ada kandungan lilin maupun pestisida yang melekat, disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan baking soda. Baking soda ini menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry dapat menghilangkan zat berbahaya pada kulit apel.

Caranya pun mudah, Anda bisa melarutkan 1 sendok baking soda pada 100 cc air bersih, kemudian rendam apel selama 10-15 menit. Jika sudah, cuci apel di bawah air mengalir sembari digosok menggunakan spons. Dijamin, sisa lilin dan pestisida yang melekat akan hilang, sehingga apel aman untuk dikonsumsi langsung.

Semoga bermanfaat!

admin
masonsofkenya.com adalah Portal Informatif yang hadir untuk Anda. Memuat beragam info yang menginspirasi kehidupan agar bisa menjadi lebih baik.