wisata religi malang

Wisata Religi di 4 Masjid Indah Malang Ini

Berwisata ke Kota Malang pastinya tidak pernah membosankan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota ini, mulai berburu oleh-oleh di toko oleh-oleh malang, wisata alam di beberapa gunung di Malang, hingga wisata edukasi dengan mengunjungi museum-museum yang ada di sana.

Nah, satu lagi wisata yang tidak boleh terlewatkan yakni wisata religi. Ya, Malang ternyata memiliki banyak masjid indah yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata religi ketika berkunjung ke sini.

Masjig Agung Malang

Masjid ini terletak tepat di depan Alun-alun kota Malang, di jalan Meredeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Malang. Seperti namanya, Masjid Agung Malang memiliki bangunan yang megah, berbentuk bujur sangkar, dan memiliki atap tajug tumpang dua.

Uniknya, masjid ini mengawinkan dua gaya arsitektur dalam pembangunannya, yakni gaya Arab dan Jawa. Masjid megah ini memiliki umur yang cukup tuda dan dibangun dalam dua periode, yakni dimulai pada tahun 1890, dan dilanjutkan pada tahun 1903.

Masjid Taj Mahal

Mendengar namanya pasti kamu teringat dengan bangunan megah di India yang sempat masuk ke dalam 7 keajaiban di dunia. Nah, Masjid yang sebenarnya bernama Maski Ustman Bin Affan ini memang memiliki desain yang mirip-mirip dengan lambang cinta sejati di India tersebut.

Didominasi dengan warna putih gading, masjid yang terletak di daerah Dau, Malang ini dikelilingi dengan sawah dan kebun milik warga sekitar masjid, sehingga membuatnya sangat asri dan indah.

Masjid Agung Al Hidayah

Selain Taj Mahal, Malang juga ternyata memiliki masjid lain yang mirip dengan masjid terkenal di luar negeri, yakni Hagia Sophia di Turki. Masjid tersebut adalah Masjid Agung Al Hidayah yang terletak di Jalan Karangan, Desa Donowarih, Karangploso, Malang Jawa Timur.

Masjid ini dibangun pada tahun 2009 oleh Pak Tholib yang sebenarnya tidak memiliki pendidikan formal sebagai seorang arsitek. Ia kemudian terinspirasi dengan gambar Hagia Sophia yang ia lihat pada satu kalender, dan mendesain Masjid Agung Al Hidayah terinspirasi dari gambar tersebut.

Pada bangunan masjid ini pengunjung akan banyak menemukan ornamen-ornamen khas negara Turki yang indah, benar-benar seperti berada di Hagia Sophia. Dengan keindahannya ini, masjid ini bahkan tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, namun juga menjadi langganan lokasi foto pre-wedding warga Malang.

Masih satu wilayah dengan masjid ini, terdapat juga makam Mbah Kyai Ismail, pendiri Yayasan Al-Hidayah, yang kabarnya merupakan cucuk ke-14 Sunan Kalijaga.

Masjid Tiban

Terletak di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Masjid yang juga merupakan sebuah pondok pesantren ini lebih dikenal dengan nama Masjid Tiban karena oleh warga sekitar dianggap hanya dibangun dalam waktu semalam saja.

Bangunan masjid ini sangat luas dan megah, dengan didominasi oleh nuansa warna putih dan biru, dan memiliki 10 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda pada setiap lantainya. Dari segi arsitekturnya, masjid ini juga tidak kalah unik, karena memadukan 4 gaya arsitektur, muldai dari India, Turki, Rusia, dan Mesir.

Itu tadi 4 masjid di Malang yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Nah, buat kamu yang berencana untuk mengunjunginya, perlu diingat untuk juga menghormati mereka yang sedang beribadah di sana ya.

admin
masonsofkenya.com adalah Portal Informatif yang hadir untuk Anda. Memuat beragam info yang menginspirasi kehidupan agar bisa menjadi lebih baik.